Peringati Hari Ginjal Sedunia 2024, RSUD Mardi Waluyo Gelar Dialog Interaktif Kesehatan

Administrator 09 Mar 2024 128x Share
img-berita

RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar menggelar Dialog Interaktif Kesehatan bersama dr. Yudi Agung Wibisono, Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam). Acara ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, dr. Muhammad Muchlis, M.MRS pada hari Kamis, (7/3/2024) di Aula RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Lt. 2. 

dr. Muchlis mengatakan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar telah melaksanakan upaya pemberian akses yang adil dan pengobatan yang optimal bagi para pasien dialisis. 

Instalasi dialisis RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar saat ini didukung oleh 29 mesin dialisis dan memiliki dokter spesialis penyakit dalam bersertifikat, dokter umum bersertifikat, 23 orang perawat, Teknisi Elektromedis, Sanitarian, Dietisian, serta tenaga administrasi. 

“Jumlah kunjungan pasien dialisis RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar pada tahun 2023 adalah 15.621 4 pasien. Kunjungan pasien dialisis bisa menggunakan penjaminan dari BPJS Kesehatan maupun penjaminan umum,” sebutnya.

Ia juga menerangkan bahwa jumlah antrian pasien dialisis saat ini adalah 118 orang dengan rincian, warga Kota Blitar sebanyak 10 orang, warga Kabupaten Blitar 77 orang dan warga di luar Blitar Raya sebanyak 31 orang.

“Dialog ini juga penting sebagai bagian dari upaya memberdayakan pasien dan komunitas. Meningkatkan kesadaran tentang faktor risiko CKD seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas, meningkatkan literasi kesehatan tentang pilihan gaya hidup sehat, perawatan diri, dan mendorong kepatuhan jangka panjang terhadap strategi pengobatan dapat membawa manfaat besar terutama bila dimulai sejak dini dan dikelola secara konsisten,” jelasnya.

“Saya berharap kedepannya tidak akan ada lagi permasalahan karena kesulitan akses layanan dan pengobatan karena tingginya biaya dan informasi yang salah,” sambungnya diakhir sambutan.

Berita Populer

MENGENAL BEYOND USE DATE (BUD) (Batas wak..

by Administrator | 24 Jun 2021

RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 26 Sep 2023

BAGAIMANAKAH NUTRISI ANAK BERKEBUTUHAN KH..

by Administrator | 26 Aug 2020

Tim Baris RSUD Mardi Waluyo Kompak Menuju..

by Administrator | 07 Aug 2023

PENINGKATAN KAPASITAS JEJARING INTERNAL T..

by Administrator | 28 Sep 2022

Penyuluhan Ipal Domestik Komunal Wargo Mu..

by Administrator | 05 Dec 2020