PENINGKATAN KAPASITAS JEJARING INTERNAL TUBERKULOSIS DI RUMAH SAKIT

Administrator 28 Sep 2022 237x Share
img-berita

Selasa, 27 September 2022, bertempat di Ruang Komite Medik RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, dilaksanakan acara Peningkatan Kapasitas Jejaring Internal Tuberkulosis Di Rumah Sakit. Hadir sebagai narasumber kegiatan ini, dr David Alvianto, Sp.P, Dokter Spesialis Paru RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar sekaligus Ketua Pokja Prognas TB.

Acara ini diikuti oleh 38 orang tenaga kesehatan yang berasal dari Kepala Ruang, Kepala Tim, Kepala SMF serta anggota Pokja Prognas TB yang ada di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Peningkatan Kapasitas Jejaring Internal Tuberkulosis Di Rumah Sakit  di buka pada pukul 10.00 WIB oleh dr David Alvianto, Sp.P,. Dalam acara yang berlangsung hingga pukul 13.30 WIB tersebut, para peserta antusias mengikuti secara aktif seluruh rangkaian acara. Sesi tanya jawab berlangsung dengan atraktif.

dr David Alvianto, Sp.P., menyampaikan materi terkait kesiapan masing masing unit terkait dalam menerapkan PNPK tata laksana TB. Mulai dari alur koordinasi dan komunikasi antar unit pelayanan langsung terkait, penunjukan penanggung jawab jejaring kerja dari masing-masing unit serta kebijakan dari pihak manajemen untuk mendukung kelancaran pelayanan, maupun dukungan sarana prasarana guna optimalisasi pelaksanaan jejaring internal.

Dalam acara tersebut juga disampaikan materi peningkatan kapasitas jejaring internal TBC dengan tatalaksana kasus TBC mulai dari TBC anak hingga dewasa , TBC SO maupun TBC RO serta penatalaksanaan pemberian TPT.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kedepannya rumah sakit lebih optimal lagi dalam penatalaksanaan kasus TBC sesuai dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2016 Tentang Penanggulangan Tuberkulosis. Sehingga tidak ada lagi ketidaktahuan petugas dalam tatalaksana TB yang sesuai standar mulai dari penegakan diagnosa, pengobatan, follow up hingga akhir pengobatan

Melalui kegiatan ini, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar berupaya turut serta mensukseskan Program Pengendalian TB dalam strategi nasional. RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar terus bergerak secara aktif meningkatkan layanan TB yang berkualitas bagi pengguna layanan. (hum)

Berita Populer

MENGENAL BEYOND USE DATE (BUD) (Batas wak..

by Administrator | 24 Jun 2021

BAGAIMANAKAH NUTRISI ANAK BERKEBUTUHAN KH..

by Administrator | 26 Aug 2020

RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 26 Sep 2023

Tim Baris RSUD Mardi Waluyo Kompak Menuju..

by Administrator | 07 Aug 2023

PENINGKATAN KAPASITAS JEJARING INTERNAL T..

by Administrator | 28 Sep 2022

Penyuluhan Ipal Domestik Komunal Wargo Mu..

by Administrator | 05 Dec 2020