x

Wali Kota Blitar Terima Kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur

Blitar Kota -  Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menerima kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur di Ruang Sasana Paraja Kantor Wali Kota Blitar,  Selasa, (08/12/2020). Kunjungan ini bagian dari rencana pembahasan tentang Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Kehidupan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan di Jawa Timur.

Santoso dalam sambutannya mengatakan Kota Blitar menjadi salah satu sampel wilayah yang memiliki Organisasi Masyarakat (Ormas). Untuk itu kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa banyak Ormas di Kota Blitar yang kemudian akan dibahas untuk menjadi Peraturan Daerah (Perda). Santoso berharap, dengan adanya kunjungan ini akan membantu percepatan pembuatan Perda mengenai Ormas di wilayah Jawa Timur. Santoso juga menginginkan, adanya Ormas diseluruh Indonesia dapat membantu menjaga keutuhan NKRI.

"Melihat Perda tentang Ormas yang segera disusun, saya berharap ini dapat menjadi pondasi setiap Ormas khususnya di Kota Blitar ini." Kata Santoso

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Mayjen TNI Dr. Istu Hari Subagyo menambahkan, tujuan kunjungan ini juga sebagai bentuk pemberdayaan Ormas. Hal ini selaras dengan adanya UUD yang berlaku tentang Ormas, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menyusun mengenai Perda Ormas. Selain itu, Istu juga menegaskan Kota Blitar menjadi prioritas utama penyusunan Perda ditahap belanja masalah, termasuk kelompok-kelompok masyarakat baik dalam bentuk Yayasan, LSM, dan Ormas. Pihaknya menargetkan pertengahan tahun depan, Perda ini sudah dapat disosialisasikan kepada masyarakat, setelah melewati tahap seminar dan kesimpulan.

" Saya melihat Ormas ini juga menjaga kedaulatan NKRI, sehingga partisipasi dari masyarakat dapat mengembangkan demokrasinya. Targetnya 6 bulan lagi yaa kita sosialisasikan kepada masyarakat." Kata Istu

Istu berharap, pemberdayaan Ormas ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang aktif didalamnya, sehingga dapat menambah rasa cinta terhadap keutuhan NKRI.(dra)

Share icon