x

Pemberian Penghargaan dan Pelatihan Pembuatan Kompos Kelompok Peduli Lingkungan se-Kota Blitar

Blitar Kota - Senin, (07/12/2020) Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar memberikan penghargaan untuk masyarakat khususnya Bidang Pengelolaan Lingkungan. Acara yang berlangsung di Balai Kota Kusumo Wicitro ini diawali dengan penyerahan Sertifikat Penghargaan  Program Kampung Iklim Utama Tingkat Nasional, Penghargaan kader Kalpataru Kota Blitar ,Kategori Penyelamat Lingkungan, serta penyerahan hadiah lomba-lomba lingkungan. Kemudian acara dilanjut dengan Pelatihan Pembuatan Kompos.

Dalam sambutanya, Wali Kota Blitar, Drs. Santoso M. Pd, mengatakan, perlu adanya peningkatan pengelolaan sampah di Kota Blitar. Hal ini lantaran Kota Blitar sudah memasuki musim hujan dan angin yang intensitasnya mulai sering di bulan ini, sehingga kapasitas sampah organik akan meningkat. Untuk itu, Santoso menyebut, masyarakat diharapkan semakin peduli terhadap lingkungan.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan” kata Santoso.
Sementara itu,

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jajuk Indihartati usai acara mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan kompos ini bagian dari program yang diadakan oleh DLH Kota Blitar setiap tahun. Tujuannya untuk mengurangi sampah organik dan dimanfaatkan sebagai pupuk buatan. Tidak hanya itu, kompos dinilai sebagai pupuk yang murah dan berguna bagi kesuburan tanaman. Dalam kesempatan ini pula, DLH Kota Blitar memberikan penghargaan pada masyarakat umum yang berpartisipasi dalam pembuatan konten kreatif, seperti poster tentang menjaga dan merawat lingkungan. Selain itu Jajuk juga memberikan sebanyak 21 Gerobak sampah kepada pengelola Bank Sampah Kelurahan di Kota Blitar. Jajuk berharap, kesadaran masyarakat Kota Blitar untuk menjaga lingkungan semakin meningkat.

“Kegiatan ini sudah diprogramkan sebagai upaya dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup jadi harapan kami partisipasi masyarakat diperlukan agar menghasilkan SDM yang teratur ” kata Jajuk.

Hadir dalam acara ini, perwakilan dari seluruh pengelola Bank Sampah Kelurahan yang ada di Kota Blitar.(bay)

Share icon