x
Dikirim oleh adminmardiwaluyo pada 4 July 2020

PENTINGNYA PERAWATAN GIGI DAN GUSI

Oleh drg. ANGGANI HARTIWI

 

 

Perawatan kesehatan gigi dan gusi perlu dilakukan secara teratur demi kesehatan anda. Tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan melalui kunjungan ke dokter gigi, merawat gigi dan gusi juga harus dilakukan di rumah secara rutin. Tidak perlu khawatir anda bisa melakukannya dengan mudah setelah mengetahui cara yang tepat

 

PENTINGNYA MERAWAT GIGI DAN DAN GUSI

Kesehatan gigi dan gusi yang optimal tidak hanya membuat anda percaya diri di depan orang. Di balik itu ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan. Merawat gusi dengan baik akan meminimalisir resesi gusi, yaitu kondisi dimana gusi melonggar dan membuat bakteri mudah masuk di sela-sela gigi dan gusi.

Bakteri yang berkumpul di mulut karena kurangnya menjaga kesehatan gigi dan gusi juga bisa menyebabkan infeksi paru-paru karena kemungkinan bakteri di gigi masuk ke paru-paru menjadi lebih besar. Begitu pula adanya peradangan di gusi ternyata berhubungan dengan kerusakanpembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu merawat gigi dan gusi denga baik akan mengurangi risiko anda terkena penyakit yang disebabkan oleh masalaha gigi dan gusi.

 

CARA-CARA MUDAH MERAWAT GUSI DAN GIGI DI RUMAH

Jika merawat gusi dan gigi denga rutin, kesehatan mulut akan terjaga dengan baik. Tidak perlu sulit dan merepotkan, berikut cara mudah merawat kesehatan gigi dan gusi:

  1. Rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari di pagi dan malam hari;
  2. Gunakan benang gigi untuk pembersihan maksimal di sela-sela gigi;
  3. Penggunaan mouthwash diperbolehkan untuk menambah kesegaran mulut asal jangan berlebihanatau tertelan;
  4. Menjaga pola makan yang sehat penting untuk menghindari zat-zat perusak gigi menempel dan melubangi gigi.

 

BAHAN ALAMI YANG MANJUR UNTUK MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN GUSI

Untuk memaksimalkan kesehatan gi gi dan gusi anda berbagai jenis bahan alami dapat anda gunakan. Ingin tahu apa saja? Berikut beberapa bahan dimaksud:

  1. Kayu manis dan cengkeh

Kayu manis dan cengkeh mampu mengatasi bau mulut tidak sedap karena gigi berlubang. Ambil 1 gelas air hangat lalu teteskan 10 hingga 15 tetes minyak kayu manis dan minyak cengkeh. Aduk hingga rata lalu kumur beberapa menit;

  1. Air lemon

Kandungan asam sitrat pada iar lemon bermanfaat utnuk membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih. Caranya pun mudah, campurkan saja 1 sendok the air hangat dengan 1 sendok jus lemon segar. Pakai larutan tersebut untuk menggosok gigi selama kurang lebih 1 menit;

  1. Peppermint dan minyak tea tree

Sudah lama diketahui jika daun mint bisa menghadirkan nafas yang segar. Anda dapat membuat cairan peppermint dengan mencampurkan 8 hingga 10 helai daun mint dengan 2 tetes minyak tea tree ke dalam cangkir air hangat. Kumur-kumur selama beberapa menit tapi jangan sampaui tertelan;

  1. Air dan garam

Jangan salah, meski kelihatannya sepele, larutan air dan garam direkomendasikan oleh dokter gigi sebagai larutan ampuh untuk membersihkan mulut dan membantu mengatasi radang di gusi. Berkumurlah kurang lebih 2 sampai 3 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Melakukan perawatan gigi di rumah juga tidak lepas dari pemilihan pasta gigi yang tepat untuk gigi dan gusi anda

 

Di tengah pandemi covid-19, perhatian kita seolah tertuju hanya pada satu penyakit saja. Padahal ada banyak penyakit lainnya yang juga memerlukan perhatian dan penanganan. Salah satunya penyakit yang umum dialami oleh masyarakat adalah sakit gigi. Namun untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah dan keluar hanya dalam kondisi darurat, termasuk ke dokter gigi. Pada masa penyebaran covid-19 ini, pasien disarankan untuk datang ke dokter gigi untuk tindakan emergency saja.

Adapun situasi darurat yang dimaksud adalah:

  1. Sakit gigi yang parah dalam kurun waktu 24 jam. Dalam ukuran skala 1-10, sakit gigi di bawah skala 5 dianggap masih bisa diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit. Adapun sakit gigi di atas skala 5 secara umum adalah sakit yang terjadi terus menerus dan intens hingga membuat seseorang sulit tidur.
  2. Gusi bengkak selama 3-7 hari terakhir
  3. Pendarahan yang disebabkan oleh proses pencabutan atau operasi gusi
  4. Infeksi gigi dikarenakan gigi berlunbang yang menyebakan sakit gigi
  5. Gigi patah yang menyebabkan sakit
  6. Utnuk perawatan ortofensia, yang dikategorikan darurat seperti terdapat kawat gigi yang lepas dan menyebabkan tertusuknya bagian gusi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di mulut.

Memperhatikan prosedur keamanan bagi pasien yang terpaksa harus mengunjungi dokter gigi dianjurkan untuk pergi seorang diri. Kalaupun perlu ditemani, orang yang menemani sebaiknya tidak ikut masuk ke dalam ruang perawatan. Jika fasilitas ruang tunggu klinik ridak memadai sebaiknya pengantar menunggu di luar. Hal ini dapat menghindarkan risiko penyebaran covid-19. Untuk perlindungan tambahan pasien disarankan menggunakan kacamat pelindung untuk melindungi mata dari percikan air akibat perawatan jika memang diperlukan. Situasi pandemi ini membuat sebagian klinik membatasi waktu operasinya bahkan tutup. Sebagai langkah antisipasi bagi pasien disarankan utnuk mencari informasi tentang klinik gigi terdekat yang masih buka dan menyimpan nomor kontaknya. Jika diperlukan tindakan emergency dan ternyata klinik tersebut tutup sebaiknya selalu memegang kontak person klinik atau dokter untuk melakukan konsultasi online semisal diperlukan.