x
Dikirim oleh adminmardiwaluyo pada 31 August 2020

Pengaruh Infeksi Covid-19 Pada Jantung dan Pembuluh Darah

Oleh : dr. Drastis Mahardiana, Sp.JP FIHA

(Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar)

 

 

 

Infeksi Covid-19 tidak hanya terjadi pada sistem paru-paru dan pernafasan tapi juga bermanifestasi pada jantung dan pembuluh darah. Otopsi yang dilakukan pada pasien yang meninggal karena infeksi virus ini menunjukkan fakta adanya infiltrasi sel inflamasi mononuklear interstisial pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini sejalan dengan penemuan-penemuan penanda biologis jantung dan pembuluh darah akibat cedera jantung dan pembuluh darah. Cedera pada otot jantung dan peningkatan kadar penanda biologis diduga berkaitan dengan proses terjadinya miokarditis (infeksi otot jantung) iskemia yang diinduksi infeksi.

Selain komplikasi akut tersebut, infeksi covid-19 juga berkaitan dengan peningkatan risiko jantung dan pembuluh darah jangka panjang yang tentunya memerlukan terapi dan pengobatan dalam jangka waktu yang lama (kronis).

 

 

 

Patofisiologi Infeksi Covid-19 pada sistem jantung dan pembuluh darah

 

 

 

Covid-19 berikatan dengan protein ACE-2 trans-membran untuk menginvasi sel inang, seperti pneumosit tipe-2, makrofag, sel endothel, perisit, dan kardiomiosit yang berujung kepada inflamasi dan kegagalan organ multipel. Infeksi dari sel endotel atau perisit sangat penting karena dapat menyebabkan disfungsi mikrovaskular dan makrovaskular yang berat. Selain itu, overakitivitas dari sistem imun dapat mengganggu plak aterosklerosis dan menjadi penyebab dari sindroma koroner