x
Dikirim oleh adminmardiwaluyo pada 26 August 2020

BAGAIMANAKAH NUTRISI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

DI SAAT PANDEMI

 

(Rosyidatul Hasanah, SST, RD)

Nutrisionist RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar

 

Kebutuhan pangan untuk anak-anak di masa pandemi ini haruslah memenuhi kualitas gizi yang beragam, bergizi dan seimbang. Anak berkebutuhan khusus (autis) adalah sekelompok anak yang cukup terdampak dari pandemi covid -19. Disituasi normal saja anak autis memerlukan pengaturan makan khusus, apalagi berada dalam situasi pandemi sekarang ini. Nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, tapi juga untuk membentuk imunitas atau daya tahan tubuh agar anak terhindar dari penyakit.

 

Anak berkebutuhan khusus (autis) mempunyai dunia yang berbeda dengan anak pada umumnya. Tentunya berhadapan dengan anak berkebutuhan khusus diperlukan trik dan tips tertentu untuk pemenuhan nutrisinya. Dimana anak-anak ini pada umumnya memiliki kekebalan tubuh dan sistem pencernaan yang lebih sensitif. Selain itu anak autis cenderung memiliki tingkat alergi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak normal pada umumnya.

 

Mengapa makanan anak autis berbeda  ?

Banyak alasan yang menyertai mengapa diet sehat untuk anak autis sangat dianjurkan. Dimana anak autis selain memiliki kecenderungan yang lebih tinggi terhadap alergi dan gangguan pencernaan, juga memiliki kekebalan tubuh yang berbeda. Hal inilah yang membuat diet sehat GFCF (gluten free casein free) menjadi salah satu terapi nutrisi yang dianjurkan. Selain berfungsi untuk memperbaiki pencernaan juga terbukti dapat mengurangi gejala autis dan sikap agresif anak pada umumnya.

 

Selain merapkan diet GFCF (bebas gluten dan casein) dimasa pandemi sekarang untuk anak berkebutuhan khusus di perlukan asupan zat gizi tertentu untuk kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yaitu

  1. Protein

Adalah makronutrien yang berperan membentuk otot dan jaringan tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh dan sumber energi. Untuk anak autis tentunya sumber protein harus bebas dari casein

  1. Vitamin A salah satu fungsinya adalah membuat antibodi yang menetralisir patogen penyebab infeksi.
  2. Vitamin B khususnya B6, B9, B12 berkontribusi pada respon pertama tubuh setelah diketahui sebagai patogen.
  3. Vitamin C dan  E bertugas melindungi sel dari stress oksidatif. Ketika tubuh melawan infeksi maka tubuh mengalami stress oksidatif yang menyebabkan radikal bebas menembus sel dan menyebabkan peradangan dalam tubuh.
  4. Vitamin D dibutuhkan oleh beberapa sel kekebalan untuk membantu menghancurkan patogen penyebab infeksi dan meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.
  5. Mineral besi, zink dan selenium berperan dalam pertumbuhan sel kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan.
  6. Asam lemak Omega 3 berfungsi meningkatkan kecerdasan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Omega-3 memiliki efek baik terhadap mood dan kesehatan mental anak. Hal ini penting karena perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19 bisa saja memicu kecemasan pada anak. Selain itu pada anak autis mengalami kondisi cacat enzimatis yang menyebabkan hilangnya lemak essensial dan membran sel otak lebih cepat dari seharusnya.

 

 

Pengaturan makanan pada anak berkebutuhan khusus di masa pandemi

Ciptakan pola makan yang teratur. Biasakanlah terjadwal waktu makannya. Selain 3 kali makan utama, berikan makanan selingan 2x diantara makan utama dengan porsi kecil supaya tidak kekenyangan. Dan tetap terapkan makanan pantangan bagi anak autis yaitu menghindari gluten dan casein.

Bahan makanan bisa dipadukan dari berbagai sumber zat gizi.

  1. Makanan sumber Karbohidrat bebas glutein.

beras, kentang, singkong, ubi, talas, jagung, tepung beras, ketan, sagu dan

olahanya seperti bihun, soun dll

  1. Makanan sumber Protein tanpa kasein.

ayam, daging, ikan segar, telur, udang, kerang, tahu, tempe, susu, kacang-

kacangan seperti kc kedelai, kc hijau, kc mete, kc tanah, kc kapri

  1. Makanan sumber Vit A

kuning telor, sayuran hijau dan kuning,

  1. Makanan sumber Vit B

Kacang-kacangan, sayuran, buah, ikan, ayam, telor, daging

  1. Makanan sumber Vit C

Buah buahan dan sayuran

  1. Makanan sumber Vit D

Sinar matahari, telor, ikan

  1. Makanan sumber Vit E

Sayur hijau dan kacang-kacangan

  1. Mineral Besi, zink, slenium

Daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, makanan laut

  1. Makanan yang mengandung asam lemak Omega 3

Ikan seperti salmon, sarden tuna, tiram, kerang, ikan kod, tenggiri, kacang-kacangan seperti almond, kenari, edamame, chia seed, pumpkin seed

  1. Cukup mengkonsumsi serat yang bersumber dari sayur dan buah
  2. Hindari makanan yang menggunakan food additive (pewarna, perasa, pengawet, penyedap) dan junk food seperti sosis, kornet, sarden, buah kaleng, makanan dan minuman kemasan, permen, coklat, es krim dll
  3. Bila anak alergi terhadap makanan tertentu, hindari makanan tersebut
  4. Biasakanlah membaca label makanan untuk mengetahui komposisi makanan secara lengkap.

 

Pengaturan nutrisi yang tepat dan cukup pada anak berkebutuhan khusus (autis) diharapkan akan memberikan perubahan perilaku ke arah yang positif serta dapat menurunkan risiko anak untuk tertular berbagai macam penyakit, tak terkecuali COVID-19. Selain memberikan makanan yang sehat dan tepat setiap hari, ajari pula Si Kecil tentang tindakan pencegahan agar tidak terpapar virus Corona, seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap berada di rumah saja untuk bermain dan belajar, serta menjaga jarak dengan anggota keluarga atau orang yang sedang sakit. Smoga informasi terkait makanan khusus di saat pandemi dapat bermanfaat bagi anda.